Normalisasi Kali Cakung, Kali Buaran dan Kali Jati Kramat

Project Overview

Guna mengoptimasi pengendalian banjir di wilayah Timur Jakarta, maka stabilitas tanggul sungai perlu dijaga. PT. Sarang Tehnik mendapat kepercayaan dari Departemen Pekerjaan Umum, untuk melindungi tanggul dari kerusakan dengan melakukan kegiatan normalisasi, perkuatan tebing dan penataan 3 Kali di wilayah Jakarta Timur yaitu Kali Cakung sepanjang ± 20 km, Kali Buaran sepanjang ± 15 km dan Kali Jatikramat sepanjang ± 25 km yang dipotong oleh Banjir Kanal Timur.

Terhambat akibat pembebasan lahan, perbaikan hanya dilakukan pada daerah sekitar sungai yang bermuara ke Banjir Kanal Timur, yakni Kali Cakung, Kali Buaran dan Kali Jatikramat. Pada kali Cakung lebar saluran berkisar 7 m sampai 12 m, dengan kedalaman 3 m sampai dengan 5 m. Kali Buaran lebar atas saluran 7.5 m – 9 m, sedangkan lebar bawah saluran 5 m – 7 m.

Pada proyek ini pekerjaan dibagi atas 2 pekerjaan utama, yaitu pekerjaan tanah dan pekerjaan konstruksi. Pekerjaan tanah meliputi galian dan timbunan tanah. Sebelum pelaksanaan timbunan, terlebih dahulu dilakukan perbaikan tanah dengan cerucuk bambu diameter 8 -10 cm dan matras bambu. Sedangkan pekerjaan konstruksi untuk perkuatan tebing dipancang sheet pile.

Sheet pile yang digunakan type FPC 320 C500 dengan panjang 6 meter dan 9 meter yang dipancang pada tanah keras.

Project Details

  • Location : Jakarta Timur
  • Client Name : PPK Pengendalian Banjir dan Perbaikan Sungai
  • Contract Date : 3 Desember 2008